Ads Top

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Jerawat Dan Resepnya


Tanaman yang satu ini dianggap unik, bunga pukul empat memiliki banyak warna dan berasal dari Amerika Selatan. Umumnya berwarna merah, kuning, dan juga putih, yang dipengaruhi oleh genetik. Manfaat bunga pukul empat untuk jerawat dianggap ampuh, herba ini dibuat menjadi bedak untuk wajah. Nama latin tanaman ini disebut Mirabilis Jalapa, bunga ini mekar pada pukul empat sore yang disebabkan rangsangan cahaya fotonasti.

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Jerawat

Bunga pukul empat termasuk dalam kelas Dicotyledones, tumbuhan berbiji keping dua, berkelopak dengan kelipatan 4 sampai 5, dan urat daunnya seperti jari. Para orang tua kita telah lama memanfaatkan tanaman sebagai hiasan dan herba tradisional. Bunga pukul empat juga digunakan sebagai bahan pewarna makanan, terutama kue dan jeli.

Manfaat Bunga Pukul Empat Untuk Jerawat


Manfaat bunga pukul empat untuk jerawat mampu mengatasi infeksi kulit wajah. Kandungan didalamnya berupa betaxanthis, zat asam lemak, zat asam minyak, senyawa ini digunakan sebagai diuretik untuk melancarkan sirkulasi darah dan peluruh air seni. Bunga ini juga bisa meredakan radang amandel, radang tenggorokan, herba batuk berdarah, herba kanker, herba batu ginjal, batu empedu, herba kencing manis, juga dipercaya mampu mengobati keputihan.

Bunga pukul empat digunakan sebagai obat diuretik, pencahar, dan untuk penyembuhan luka. Akar bunga pukul emapt diyakini sebagai afrodisiak, diuretik dan pencahar. Daun tanaman digunakan untuk mengurangi peradangan, air rebusan daun bunga pukul empat digunakan untuk mengobati abses. Daun digunakan untuk mengobati luka, bubuk benih digunakan sebagai kosmetik dan pewarna. 

Adapun manfaat bunga pukul empat untuk obat herba jerawat dan kulit terbakar digunakan kedalam ramuan herba adalah sebagai berikut:
  1. Ambil beberapa buah yang sudah tua, kemudian pecahkan. Isinya berupa tepung yang dapat dijadikan sebagai bedak untuk mengobati jerawat. Penggunaannya dapat dicampurkan dengan menambahkan sedikit air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada jerawat dan kulit yang terbakar.
  2. Untuk mengobati radang amandel, radang prostat, adalah sebagai berikut: Sediakan akar bunga pukul empat yang masih segar sebanyak 10 gram. Giling hingga halus dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Ramuan ini dikompreskan pada bagian yang sakit.
  3. Untuk mengobati prostatitis, radang amandel, kencing manis, kencing berlemak, keputihan, erosi mulut rahim, dan radang sendi akut, adalah sebagai berikut: Rebus 15 gram akar kering/segar bunga pukul empat, ditambah dengan 4 gelas air dan rebus hingga tersisa 2 gelas. Saring air rebusan, takaran minum segelas 2 kali sehari. 

Manfaat bunga pukul empat telah digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat diseluruh dunia. Tanaman ini dikenal dengan berbagai nama, dan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti di India dan Indonesia. 

Referensi

  • Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia. Publish by Wijayakusuma, Hembing (2000).
  • Mirabilis Jalapa, image courtesy of wikimedia commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.