Ads Top

Manfaat Daun Putri Malu Untuk Asma Dan Stamina


Tanaman putri malu telah lama dikenal nusantara sebagai tanaman gulma yang berada disekitar kebun dan lingkungan rumah. Manfaat daun putri malu untuk asma dan meningkatkan stamina telah banyak digunakan orang tua sejak dahulu hingga kini. Putri malu dalam bahasa latin disebut Mimosa Pudica, juga disebut tanaman sensitif, Natalie plant, Shy plant. Putri malu merupakan tanaman tahunan atau abadi yang merambat, berasal dari Keluarga Fabaceae.

Manfaat Daun Putri Malu Untuk Asma Dan Kejantanan

Putri malu berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, dianggap sebagai gulma pantropis yang juga ditemukan di Asia. Sebagian besar putri malu tumbuh didaerah teduh yang tidak terganggu, di bawah pepohonan atau semak belukar. Beberapa manfaat lain dari tanaman putri malu juga sangat membantu dalam penyembuhan diabetes, sama seperti resep teh daun kelor untuk diabetes.

Manfaat Daun Putri Malu


Putri malu dapat ditandai dengan bentuk batang yang merambat, batangnya ramping, bercabang, dan berduri jarang, tumbuh hingga 1,5 meter. Bentuk daun putri malu kecil-kecil, 10 hingga 26 daun per tangkai (pinna). Kepala bunga berwarna merah muda atau ungu muncul dari tangkai daun pada pertengahan musim panas. Bunga akan semakin banyak seiring bertambahnya usia tanaman. 

Menurut studi, akar putri malu memproduksi karbon disulfida, yang mencegah jamur patogen dan mikoriza tertentu tumbuh di dalam umbi tanaman. Pembentukan nodul pada akar tanaman mengandung Diazotrof Endosimbiotik untuk mengikat nitrogen tinggi dan digunakan oleh tanaman.

Selain itu, manfaat daun putri malu juga mengandung mimosin alkaloid beracun yang memiliki efek Antiproliferatif dan Apoptosis. Ekstrak daun putri malu dapat melumpuhkan larva filariform Strongyloides stercoralis dalam waktu kurang dari satu jam. Ekstrak akar tanaman digunakan sebagai penetralisir untuk menghambat aktifitas racun kobra monocled (Naja kaouthia). 

Adapun manfaat daun putri malu untuk asma, cara pembuatan ramuan teh tradisional dijelaskan sebagai berikut:
  1. Ambil daun putri malu yang masih segar sebaganyak 10 gram. Atau bisa digantikan dengan herba kering daun putri malu.
  2. Seduh daun putri malu kedalam 100 ml air panas selama kurang lebih 15 menit.
  3. Minum sudahan teh sebanyak tiga kali sehari, lakukan rutin selama 3 bulan.

Manfaat daun putri malu untuk menambah stamina dan energi, dapat membuat reseb herba sebagai berikut:
  1. Ambil daun putri malu yang masih segar sebanyak 10 tangkai.
  2. Masukkan daun putri malu kedalam wadah berisi tiga gelas air, rebus hingga air tersisa 3 gelas.
  3. Saring air rebusan putri malu, dan minum setiap malam secara rutin

Manfaat daun putri malu juga sebagai antioksidan dan antibakteri, tidak beracun, dan memiliki tingkat toksisitas rendah. Analisis kimia menunjukkan bahwa daun putri malu mengandung alkaloid, flavonoid C-glikosida, sterol, terenoida, tanin, dan asam lemak. Akar tanaman telah terbukti mengandung tanin hingga 10 persen.

Referensi

  • Journal of Ethnopharmacology: Neutralisation of lethality, myotoxicity and toxic enzymes of Naja kaouthia venom by Mimosa pudica root extracts. Publish by Journal of Ethnopharmacology. DOI:10.1016/S0378-8741(00)00373-1
  • Mimosa Pudica, image courtesy of wikimedia commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.