Ads Top


Obat Wasir Berdarah Tradisional Dari Bunga Pagoda

Banyak orang telah menderita penyakit wasir atau ambeien, kondisi patologis Hemorrhoid tampak membengkak. Bagian saluran anus meradang, sehingga tak jarang penderita wasir merasakan sakit saat buang air besar. Telah lama obat wasir berdarah tradisional dari bunga pagoda digunakan turun menurun. Bunga pagoda dianggap ampuh mengatasi penyakit wasir atau ambeien.

Obat Wasir Berdarah Tradisional

Menurut medis, gejala wasir tergantung pada jenisnya yaitu wasir internal yang muncul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri. Wasir eksternal umumnya menunjukkan gejala rasa nyeri dan pembengkakan di area anus. Beberapa penyebab wasir masih belum diketahui, diantaranya peningkatan tekanan intra-abdomen, terlebih pada konstipasi.

Obat Wasir Berdarah Tradisional


Wasir eksternal dapat menyebabkan rasa nyeri dalam 2 hingga 3 hari. Pembengkakan akan hilang dalam beberapa minggu dan menimbulkan iritasi pada kulit di sekitar anus. Gejala wasir internal tanpa nyeri, perdarahan dari rektum berwarna merah terang ketika buang air besar. Gejala lain berupa lendir, gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Wasir internal hanya terasa sakit jika terjadi trombosis atau nekrosis.

Bagaimana cara mengobati penyakit wasir atau ambeien? Menurut pengobatan medis, wasir dapat diobati dengan cara meningkatkan makanan berserat, banyak minum air, dan menggunakan obat penghilang rasa nyeri. Adapun obat wasir berdarah tradisional diantaranya dari tanaman bunga pagoda. Ramuan ini dipercaya mampu mengatasi dan menyembuhkan wasir akut.

Bunga pagoda termasuk salah satu tanaman perdu meranggas, nama latin Clerodendrum Japonicum (Thunb). Tinggi tanaman umumnya 1 hingga 3 meter, batang tanaman dipenuhi rambut halus. Daun tunggal dan bertangkai, daun saling berhadapan. Helaian daun berbentuk bulat telur melebar dan pangkal daun berbentuk jantung. Daun tua tampak berjari dan panjang dapat mencapai 30 cm. Bunga majemuk berwarna merah, terdiri atas bunga kecil-kecil yang berkumpul membentuk piramid atau pagoda. Bunga keluar dari ujung tangkai dan buah pagoda tampak bulat.

Bunga pagoda bermanfaat untuk antiradang, diuretik, sedatif, hemostatis. Berikut ini adalah cara membuat obat wasir berdarah tradisional dari bunga pagoda:
  1. Ambil akar bunga pagoda sebanyak 25 gram. 
  2. Tambahkan 200 ml air, kemudian rebus hingga mendidih kurang lebih 15 menit. 
  3. Ramuan ini diminum 2 kali sehari, takaran sekali minum 100 ml.

Untuk wanita hamil dan proses melahirkan, tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar. Gejala ini biasanya hilang setelah melahirkan, dan tidak perlu menggunakan obat wasir berdarah tradisional.

Referensi

  • Hemorrhoidal disease: A comprehensive review. Publish by Journal of the American College of Surgeons, 2007.
  • Clerodendrum japonicum (Thunb), image courtesy of wikimedia commons.

Tidak ada komentar: