Ads Top


Resep Daun Baru Cina Untuk Rahim Dan Kandungan

Banyak cara agar tubuh tetap sehat, diantaranya dengan mengkonsumsi makanan hijau dan banyak meminum air. Masalah yang terjadi pada tubuh dapat diatasi dengan resep daun Baru Cina untuk kesehatan rahim, menghilangkan nyeri haid dan wasir. Tanaman herba Baru Cina, atau nama latinnya adalah Artemisia V. dalam bahasa Inggris disebut Mugwort atau common wormwood. Baru Cina termasuk dalam genus Artemisia, tanaman ini telah digunakan sebagai tumbuhan obat dan sayuran masakan.

Daun Baru Cina Untuk Kesuburan

Menurut resep herba tradisional, manfaat daun baru cina untuk kesuburan meliputi pengobatan untuk sakit pada haid (Dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur, haid berlebihan, menyehatkan kandungan, keputihan, dan mudah persalinan. Selain itu juga dipercaya untuk mengobati muntah darah (hematemesis), mimisan (epistaxis), pendarahan usus (rectal haemorrhgia), dan disentri.

Resep Daun Baru Cina


Tanaman Baru Cina berkembang subur di daerah iklim sedang, terutama di Eropa, Asia, Afrika Utara dan Alaska. Jenis tanaman ini biasanya dianggap sebagai gulma, tetapi masyarakat yang mengetahui manfatnya akan membudidayakan di sekitar rumah. Tumbuh subur pada tanah yang banyak mengandung banyak nitrogen, terutama di kebun kosong dan liar. Berikut ini morfologi, ciri-ciri tanaman Baru Cina yang biasanya digunakan sebagai herba:
  1. Habitus ini termasuk semak menahun, berambut halus, berbau tajam. Akar tunggang berwarna kuning kecoklatan, tumbuh tegak dengan tinggi tanaman antara 2-2,5 meter. 
  2. Ciri batang berkayu bulat, memiliki cabang dengan warna batang putih susu, dan seringkali terdapat warna ungu kemerahan. 
  3. Bentuk daun tunggal dan tersebar, panjang antara 8-12 cm dan lebar 6-8 cm. Daun menyirip dan berbulu, tulang daun menyirip. Bagian atas daun berwarna hijau, bagian bawah berwarna keputihan dan berbulu lebat.
  4. Ciri bunga majemuk berukuran lebar 5 mm, berwarna kuning muda berbentuk bonggol. Bunga tersusun dalam rangkaian malai (radially symmetrical) yang tumbuh menunduk, dan keluar dari ketiak daun. 
  5. Ujung tangkai benang sari berwarna kuning, kepala putik bercabang dua dan berwarna ungu kecoklatan. Umumnya berbunga pada bulan Juli sampai September. 
  6. Bentuk buah kecil berbentuk jarum dan berwarna coklat.
Adapun kandungan kimia yang terdapat dalam tanaman Baru Cina adalah minyak atsiri, artemisin, kuebrakit, tauremisin, sitosterina, adenina, tetrakosanol, ferneol, stigmasterina, amirin, tanin, dan resin. Manfaat herba ini sebagai analgesik, antelmintik, diuretik, spasmolitik, hemostatik, stomakik.

Resep Daun Baru Cina Untuk Rahim


Berikut ini merupakan resep daun baru cina untuk kesehatan rahim, dapat dipraktekkan langsung dirumah dengan cara sangat sederhana: 
  1. Untuk mengobati keputihan, nyeri haid, haid berlebihan, menstruasi tidak teratur
    1. Siapkan 2 gram herba baru cina, 3 gram daun Poko, 3 gram rimpang Teki, 2 gram herba Jung Rahab.
    2. Iris-iris semua bahan herba dan masukkan seluruhnya kedalam 120 ml air, kemudian dibuat infusa. Cara lain juga dapat diseduh seperti dalam pembuatan teh.
    3. Ramuan ini diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml.
  2. Untuk memulihkah tenaga setelah bersalin
    1. Rebus 4 tanaman Baru Cina kedalam 6 gelas air hingga tersisa 2 gelas. 
    2. Saring dan minum airnya segelas, sehari 2 kali sebelum makan. 
  3. Cara lain mengolah daun Baru Cina untuk menyuburkan rahim
    1. Rebus 10 hingga 30 gram daun segar daun Baru Cina. 
    2. Kemudian airnya disaring dan diminum setiap hari, minimal segelas sehari. 
Efek samping yang ditimbulkan biasanya penderita mengalami mulut kering, perasaan tidak enak pada lambung seperti mual, muntah dan pusing. Herba ini juga dapat dikonsumsi sebagai sayur lalap segar.

Referensi

  • Direktorat Obat Asli Indonesia 2008, Badan POM RI
  • Artemisia, image courtesy of wikimedia commons.

Tidak ada komentar: