Ads Top


Resep Daun Belimbing Manis Untuk Kanker, Koreng Dan Bisul

Salah satu tanaman yang kini banyak ditanam masyarakat di pekarangan rumah adalah belimbing manis. Resep daun belimbing manis untuk kanker dan penyakit kulit telah banyak digunakan masyarakat. Belimbing manis merupakan tumbuhan penghasil buah berbentuk bintang dan berkembang di Indonesia, India, dan Sri Langka. 

Resep Daun Belimbing Manis Untuk Kanker

Nama latin belimbing manis adalah Averrhoa Carambola, tanaman ini tersebar di Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Di Amerika, tanaman belimbing manis mulai di budidayakan terutama di wilayah Florida Selatan dan Hawaii. Perkembangan tanaman belimbing manis kini cukup cepat karena manfaatnya sangat baik mengobati beberapa penyakit umum.

Resep Daun Belimbing Manis Untuk Kanker


Ciri tanaman memiliki daun majemuk, panjang daun mencapai 50 cm. Cabang tanaman sangat banyak dan tumbuh hingga mencapai 5 meter. Budidaya tanaman belimbing cukup mudah karena tidak memerlukan banyak sinar matahari, dapat tumbuh di ruangan teduh. Bunga muncul di ujung dahan dan berwarna merah muda. Buah belimbing manis tampak seperti bintang jika dibelah, didalamnya banyak sari atau air sehingga berpotensi dibuat wine. 

Beberapa manfaat dan resep daun belimbing manis, herba untuk mengobati kanker dan mengobati penyakit kulit adalah sebagai berikut:
  1. Resep daun belimbing manis untuk mengobati penyakit koreng: Rebus daun belimbing manis yang masih segar, kemudian air rebusan yang masih hangat digunakan untuk mencuci koreng.
  2. Resep daun belimbing manis untuk mengobati bisul: Ambil daun segar kemudian dihaluskan, dan campurkan dengan air cucian beras hingga membentuk pasta. Tempelkan pada bisul kemudian balut agar tidak lepas.
  3. Resep daun belimbing manis untuk mengobati kanker: Ambil seperempat genggam daun belimbing, setengah lembar daun pepaya muda, seperempat daun ceremai muda, sepertiga daun bayam merah, wortel sebesar dua jari. Tambahkan satu setengah gelas air hangat, haluskan (belender) seluruhnya. Saring airnya dan tambahkan satu sendok madu, lalu diminum sehari sekali.

Efek farmakologi mengkonsumsi daun belimbing manis sebagai kelat, netral, anti radang, peluruh kemih, menghilangkan panas. Batang dan daun berasa asam, sehingga sangat berpotensi melawan perkembangan penyakit kanker ke seluruh tubuh. Resep daun belimbing manis untuk kanker dan penyakit kulit sangat mudah dalam pengolahannya menjadi herba di rumah.

Referensi

  • CRC handbook of ayurvedic medicinal plants, Boca Raton, Fla. Publish by CRC Press, Author by L.D. Kapoor (1990).
  • Averrhoa Carambola, image courtesy of wikimedia commons.

Tidak ada komentar: