Ads Top

Resep Obat Tradisional TBC Kelenjar Dari Akar Bayam Duri


Bayam duri sampai saat ini masih dianggap sebagai gulma penggangu tanaman di pertanian maupun pekarangan rumah. Tetapi, resep obat tradisional TBC kelenjar dari akar bayam duri telah banyak digunakan sejak dahulu. Bayam duri, dalam bahasa latin disebut Amaranthus Spinosus, atau bahasa lain juga disebut spiny pigweed, prickly amaranth, thorny amaranth, dan Tiongkok menyebutnya Le Xian Cai. 

Resep Obat Tradisional TBC Kelenjar Dari Akar Bayam Duri

Menurut catatan Dr Setiawan Dalimartha dalam buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1, manfaat akar bayam duri sangat banyak. Akar tanaman ini juga digunakan untuk pengobatan bisul yang keras, obat wasir, obat eksim, gusi bengkak berdarah, malancarkan ASI atau Laktagoga, TBC kelenjar, demam, kutil, luka bakar dan gigitan ular berbisa. Sementara manfaat daun bayam duri digunakan sebagai tapal untuk perawatan kulit, seperti untuk mengobati jerawat dan luka bakar. Ekstrak air dari akar dan daun dimanfaatkan sebagai diuretik. 

Resep Obat Tradisional TBC Kelenjar


Limfadenitis Tuberkulosis atau TBC kelenjar adalah jenis TB yang berkembang di luar paru. TBC kelenjar dapat terjadi diberbagai organ diantaranya leher, ketiak dan selangkangan,rongga antara paru-paru kanan dan kiri (mediastinum), percabangan bronkus utama (subkarina), pelapis rongga abdomen (peritoneum). Paling banyak kasus terjadi benjolan pada leher, gejala ini disebut Scrofula pada kelenjar getah bening di leher yang ditularkan dari udara/pernafasan.

Berbeda dengan bayam merah yang banyak digunakan untuk masakan, bayam duri merupakan tumbuhan asli Amerika tropis, tetapi spesi ini tumbuh liar di Asia dan dianggap sebagai gulma berbahaya. Bahkan tak jarang tanaman ini mengganggu budidaya padi. Orang Khmer dan Vietnam menggunakan ekstrak tanaman untuk pewarna kain abu-abu. Seluruh bagian tumbuhan direbus, air yang masih hangat bisa digunakan untuk merendam kaki pegal linu dan reumatik.

Resep obat tradisional TBC kelenjar dari akar bayam duri telah digunakan di Asia sejak dahulu. Beberapa spesies A.Spinosus merupakan tanaman pangan bernilai di Afrika dan juga digunakan dalam masakan Thailand yang disebut Phak Khom. Begitupula di India, Maladewa, Meksiko, dan Bangladesh, sejak dahulu telah memanfaatkan bayam duri sebagai makanan dan herba.

Berikut ini adalah pengobatan alternatif TBC kelenjar, resep obat tradisional TBC kelenjar dari akar bayam duri yang bisa dipraktekkan di rumah:
  1. Siapkan 30 hingga 60 gram akar bayam duri yang masih segar.
  2. Cuci bersih hingga tidak ada sisa kotoran. 
  3. Masukkan kedalam wadah berisi 300 ml air, ditambah 50 ml arak.
  4. Kemudian direbus hingga takaran air mencapai 100 ml. 
  5. Ramuan ini diminum 100 ml, 2 kali sehari.

Adapun kandungan kimiawi bayam duri diperkaya senyawa amarantin, rutin, kalium nitrat, piridoksin, garam fosfat, besi, vitamin A, vitamian C dan vitamin K. Bayam duri bersifat memnembus meridien jantung dan ginjal. Selain digunakan untuk resep obat tradisional TBC kelenjar, manfaat bayam duri juga untuk menghilangkan panas atau antipiretik. Bermanfaat sebagai peluruh kemih (diuretik), menghilangkan racun atau anti-toksin, menghilangkan bengkak, menghentikan diare dan membersihkan darah. Seluruh bagian tanaman bermanis, pahit dan sejuk.

Referensi

  • The Maldive Islanders, A Study of the Popular Culture of an Ancient Ocean Kingdom. By Xavier Romero-Frias, 1999.
  • Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1. By Dr Setiawan Dalimartha.
  • Amaranthus Spinosus, image courtesy of wikimedia commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.