Ads Top


Cara Membuat Obat Kumur Alami Radang Mulut Dan Tenggorokan

Umumnya kita menggunakan obat kumur untuk mengobati beberapa penyakit mulut. Misalnya sariawan, panas dalam dan sakit karena gigi berlubang. Obat yang digunakan saat ini banyak beredar di pasaran dengan berbagai merek. Tetapi sebenarnya sejak dahulu nenek moyang nusantara telah mengetahui cara membuat obat kumur alami radang mulut. 

 Cara Membuat Obat Kumur Alami Radang Mulut

Menurut medis, obat kumur merupakan cairan yang membantu untuk mendapatkan kesegaran mulut dan nafas. Membersihkan mulut dari organisme, bakteri dan virus penyebab kelainan atau penyakit di rongga mulut dan pangkal tenggorokan. Banyaknya pemahaman penyakit mulut telah menggugah masyarakat tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Hal ini juga menyebabkan permintaan obat kumur meningkat, secara medis maupun herba tradisional. 

Kita menyakini bahwa obat kumur sangat bermanfaat untuk menghilangkan berbagai bakteri dan virus penyebab bau mulut atau halitosis. Adapun efek penggunaan akan menghambat dan mengurangi pembentukan plak bakteri dan pencegahan gingivitis. Juga dijadikan sebagai bahan profilaksis setelah pembedahan dan tindakan medis lainnya. 

Manfaat Obat Kumur Alami


Adapun manfaat obat kumur alami untuk rongga mulut dan tenggorokan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Sejak dahulu orang tua kita banyak yang telah membuat ramuan ini dirumah mereka, sangat ampuh mengatasi radang mulut, panas dalam dan sariawan. Beberapa manfaat diantaranya:
  1. Berfungsi untuk menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam, mengurangi bau mulut.
  2. Sebagai antimikrobial yang mampu mengurangi plak, gingivitis, peradangan gusi, membunuh bakteri.
  3. Pencegahan karang gigi dan gigi berlubang, mencegah kemunculan noda pada permukaan gigi.
  4. Untuk membantu penyakit mulut yang disebabkan terapi radiasi dan kemoterapi.

Dalam farmasi, obat kumur disebut gargarisma dan kolutorium. Obat kumur alami mengandung bahan tanaman yang bermanfaat sebagai astrigen. Ramuan ini dapat mengencangkan rongga dalam atau melapisi selaput lendir mulut dan tenggorokan. Tetapi tidak menjadikannya sebagai pelindung selaput lendir. Gargarisma dan kolutorium dibuat dari persediaan infus, dekok atau tingtur yang sudah di cairkan.

Cara Membuat Obat Kumur Alami


Untuk merasakan manfaat tersebut diatas, kita dapat membuat ramuan tradisional sederhana dengan metode gargarisma dari persediaan infusa. Berikut resep cara membuat obat kumur alami:
  1. Pengobatan radang mulut:
    1. Sediakan 2 lembar daun sirih.
    2. Herba ini dijadikan infusa daun sirih dengan campuran air bersih 100 ml.
    3. Gunakan untuk berkumur 2 kali sehari, 100 ml untuk sekali pakai.
  2. Pengobatan radang amandel, radang pangkal tenggorokan, sariawan:
    1. Sediakan 7 lembar daun duduk (Desmodium Triquetrum), 2 lembar daun sirih segar, segenggam daun pegagan segar, 5 rimpang kunci pepet. 
    2. Haluskan seluruh herba, campurkan kedalam segelas air.
    3. Gunakan setengah gelas untuk berkumur, dosis 2 kali sehari setiap pagi dan sore.
  3. Cara membuat obat kumur alami untuk radang tenggorokan:
    1. Siapkan 10 tanaman herba patikan kebo yang belum berbunga.
    2. Masukkan kedalam 110 ml air, direbus dengan metode infusa. 
    3. Gunakan 100 ml air untuk berkumur sekali sehari. Dapat dicairkan dengan air hangat, dan sebagian herba dapat ditelan.

Efek Samping Obat Kumur Alami


Beberapa efek farmakologis yang umumnya dirasakan pengguna obat kumur merasakan perbedaan atau kelainan dan biasanya bersifat sementara. Efek samping tersebut diantaranya:
  1. Mulut kering dan perubahan rasa. Diskolorasi pada gigi dan lidah, mukositis, erythema multiforme, deskuamasi mukosa mulut. 
  2. Penderita yang sensitif atau alergi terhadap herba tertentu dapat menyebabkan luka, seperti kemerahan dan nyeri pada mulut. 

Penjelasan tentang metode ekstraksi dapat dilihat pada artikel cara membuat infusa, dan cara membuat sediaan herbal. Manfaat yang diperoleh tergantung dari cara pembuatan ekstraksi tanaman dan dosis yang digunakan.

Tidak ada komentar: