Ads Top


Obat Tradisional Suara Serak Atau Hilang, Herba Laringitis

Suara serak dan hilang menjadi salah satu masalah serius pada orang yang berprofesi di dunia hiburan. Presenter, penyanyi, dan orator, tidak pernah mengharapkan gangguan tenggorakan terjadi ketika dalam bekerja. Tetapi ada solusi ampuh yang tidak melibatkan penggunaan bahan kimia untuk mengatasinya. Nenek moyang kita telah mempersiapkan obat tradisional suara serak atau hilang, herba laringitis untuk anak dan cucunya. Suara serak terjadi ketika mengalami perubahan suara yang tidak normal, berubah menjadi parau dan berat. 

Obat Tradisional Suara Serak

Suara serak dan menghilang ini bisa saja bersifat sementara, dan ada pula yang permanen karena usia dampak suatu penyakit. Dalam medis, suara serak atau kehilangan suara umumnya disebabkan oleh laringitis. Kondisi ini terjadi ketika kotak suara mengalami iritasi ataupun peradangan. Pembengkakan ini mengganggu pita suara (laring) untuk membuka dan menutup dengan lancar, dan suara terdengar serak. Pembengkakan umumnya disebabkan infeksi virus, batuk dan flu, masa pubertas, dan beberapa penyebab lainnya karena penyakit tenggorokan.

Obat Tradisional Suara Serak Atau Hilang


Adapun gejala yang paling sering muncul pada penderita suara serak diantaranya demam, batuk, nyeri di bagian depan leher, dan kesulitan menelan. Nyeri dan sulit menelan makanan umumnya berlangsung tidak lebih dari dua minggu. Apabila laringitis berlangsung kurang dari tiga minggu, gejala ini termasuk akut, sering terjadi pada pria. Laringitis kronis terjadi karena merokok, tuberkulosis, alergi, acid reflux, rheumatoid arthritis ataupun sarkoidosis. 

Kondisi lain yang bisa saja menyebabkan gejala serupa diantaranya epiglotitis, benda asing, dan kanker laring dan paru. Beberapa cara berikut dapat meringankan gejala suara serak dan hilang, dapat dilakukan di rumah:
  1. Perbanyak minum air putih, setidaknya dua liter sehari.
  2. Menghindari minuman mengandung kafein dan alkohol, merokok, dan penggunaan dekongestan.
  3. Hindari pemicu alergi, seperti debu, asap rokok, dan bulu hewan.
  4. Jangan banyak berbicara, terlebih mengeluarkan nada tinggi dalam beberapa hari.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, perlu menggunakan obat tradisional suara serak atau hilang. Selain mengurangi konsumsi kimia dari obat-obatan medis, ramuan ini sudah digunakan sejak dahulu oleh orang tua kita. Adapun cara pengolahan sebagai berikut:
  1. Ramuan menghilangkan batuk, radang tenggorakan, dan suara serak atau parau:
    • Siapkan 8 gram umbi bidara upas segar.
    • Rimpang kencur sebanyak 6 gram, 3 helai daun sirih, 3 gram kapulaga. 
    • Giling seluruh herba dan tambahkan air mendidih secukupnya, takaran untuk 2 kali berkumur. 
    • Tutup rapat gelas yang berisi ramuan, biarkan hingga menjadi hangat kuku.
    • Saring dan peras, air digunakan untuk berkumur kemudian diminum 2 kali sehari. Lakukan setiap pagi dan sore.
  2. Sirih hijau atasi suara serak dan batuk:
    • Ambil 2 gram daun sirih, 1 gram kapulaga. 
    • Daun sirih di iris-iris, dan pecahkan biji kapulaga.
    • Herba ini bisa diseduh, cara lain dapat dijadikan infusa dengan takaran 110 ml air. Lihat disini bagaimana cara pembuatan infusa.
    • Minum ramuan sebanyak 100 ml, sehari sekali.

Anda bisa memilih salah satu obat tradisional suara serak atau hilang, herba laringitis tidak dianjurkan digunakan bersamaan. Ramuan ini untuk pengobatan suara serak dan hilang yang bukan disebabkan oleh penyakit kronis. Seperti kanker laring, kanker paru, arthritis, dan tuberkulosis.

Tidak ada komentar: