Ads Top


Ramuan Tradisional Menghilangkan Bau Mulut

Pembicaraan terkadang sering terganggu disebabkan bau mulut yang tidak sedap. Situasi ini membuat kita kurang percaya diri, dan mengurungkan niat untuk berbincang lebih lama lagi. Ada banyak obat kumur yang bisa membantu kita menghilangkan bau mulut, tetapi ramuan sederhana yang satu ini patut dicoba. Sejak dahulu, ramuan tradisional menghilangkan bau mulut juga digunakan untuk mengobati penyakit. 

Ramuan Tradisional Menghilangkan Bau Mulut

Obat kumur penghilang bau mulut biasanya juga berfungsi mengobati rongga mulut dan tenggorokan. Beberapa herba tradisional berperan ganda karena sangat ampuh mengatasi radang mulut, panas dalam dan sariawan. Ramuan tradisional menghilangkan bau mulut bervariasi, tentunya menggunakan campuran beberapa herba dan metode ekstraksi berbeda.

Obat kumur tradisional yang terbuat dari ramuan herba berfungsi untuk menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam. Selain itu juga berfungsi sebagai anti mikroba yang mampu mengurangi plak gigi, gingivitis, peradangan gusi dan sekaligus membunuh bakteri. Beberapa ramuan dengan campuran tepat mampu mencegah karang gigi dan gigi berlubang. Selain itu juga mampu mencegah munculnya noda pada permukaan gigi, mempertahankan warna putih gigi.

Ramuan Tradisional Menghilangkan Bau Mulut


Obat kumur dari ramuan tradisional menghilangkan bau mulut biasanya mengandung astrigen. Ramuan ini berfungsi ganda, selain menghilangkan bau mulut juga dapat melapisi selaput lendir mulut. Adapun resep ramuan yang bisa Anda coba dirumah adalah sebagai berikut: 
  1. Menghilangkan bau mulut dengan ramuan daun sirih:
    • Siapkan 3 gram daun sirih segar. 
    • Masukkan kedalam air bersih sebanyak 110 ml.
    • Ramuan ini dibuat infusa, airnya digunakan untuk berkumur.
    • Dosisi pemakaian sebanyak 50 ml, lakukan 2 kali sehari.
  2. Obat kumur multi fungsi, menghilangkan bau mulut dan kram perut:
    • Ambil 3 lembar daun Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl), kemudian di tumbuk.
    • Campurkan kedalam segelas air panas, tunggu hingga hangat.
    • Gunakan untuk berkumur untuk menghilangkan bau mulut 
    • Untuk kram perut atau anti kolik (colic abdomen), minum seluruh ramuan.
  3. Kapulaga mengatasi bau mulut, caranya: 
    • Rebus segenggam kapulaga kedalam 4 gelas air.
    • Tunggu hingga mendidih hingga air menjadi 2 gelas.
    • Gunakan air rebusan untuk berkumur, bijinya dapat dikunyah untuk membantu menghilangkan bau mulut, sariawan, dan panas dalam.

Penjelasan tentang metode ekstraksi dapat dilihat pada artikel pembuatan infusa, dan cara pembuatan persediaan herbal. Ramuan tradisional menghilangkan bau mulut dari kapulaga juga dapat digunakan sebagai herba untuk mengobati kesulitan bernapas, futor exore, batuk dan gatal tenggorokan. Kapulaga mengandung senyawa kardamon dan minyak atsiri (alfaborneol dan betakamfer) untuk mengencerkan dahak. Juga berfungsi untuk menyembuhkan perut kembung, menghangatkan dan mengharumkan nafas.

Tidak ada komentar: