Ads Top


Resep Obat Tradisional Kram Perut Dari Teh Daun Cabe

Kram perut juga disebut sebagai kolik abdomen, gangguan yang terjadi pada aliran usus sepanjang traktus intestinal. Kolik relatif terhadap usus besar, bentuk rasa sakit ditandai dengan gejala proses yang terhenti secara tiba-tiba. Kontraksi otot terjadi pada usus besar, ureter, kandung empedu, dan lainnya. Beberapa resep obat tradisional kram perut telah diberikan oleh orang tua kita terdahulu dan dapat dipraktekkan di rumah kita. 

Resep Obat Tradisional Kram Perut, Teh Daun Cabe Jawa

Kolik biasanya disertai gejala muntah dan berkeringat, juga terjadi pada bayi yang ditandai dengan tangisan terus-menerus. Pada ginjal berasa nyeri di panggul yang disebabkan oleh batu ginjal. Kolik pada empedu yang disebabkan oleh tersumbatnya batu empedu di saluran kistik. Gejala kolik lainnya disebabkan oleh perpindahan usus, penyumbatan, keracunan timbal ataupun keracunan timah.

Ada banyak ramuan herba yang bermanfaat untuk menyembuhkan kram perut. Tetapi saat ini penggunaannya sangat jarang ditemukan di masyarakat kita. Perkembangan medis modern telah membuat resep obat tradisional kram perut hampir tidak dikenal. Selain itu, masyarakat kita juga tidak memahami apa saja jenis tanaman obat yang bisa dimanfaatkan.

Ada beberapa penyebab kram perut yang umumnya terjadi di masyarakat, menurut kondisi medis disebabkan oleh:
  1. Adanya obstruksi atau penyumbatan usus, menderita radang usus buntu, sensitif terhadap biji-bijian (celiac), alergi makanan, dan keracunan.
  2. Penyakit hati, penyakit kandung empedu, dan menderita radang pankreas.
  3. Disebabkan kanker kolorektal, radang usus seperti crohn, irritable bowel syndrome, kolitis ulserativa dan diverticulitis. 
  4. Disebabkan kondisi udara yang dingin dapat menyebabkan perut kram, misalnya iklim pegunungan dan suhu AC terlalu dingin.

Kolik pada bayi ditandai dengan tangisan selama lebih dari tiga jam sehari. Gejala bisa terjadi selama lebih dari tiga hari dalam seminggu, bahkan selama tiga minggu pada anak yang sehat. Gejala lain juga ditandai adanya tangisan yang terjadi di malam hari. Tetapi biasanya tidak menimbulkan masalah dalam jangka panjang, hanya membuat depresi orang tua. Penyebab utama umumnya gastrointestinal seperti kram usus, menimbulkan demam, dan perut membengkak. Gejala ini paling sering terjadi pada usia enam minggu dan biasanya hilang pada usia enam bulan. 

Resep Obat Tradisional Kram Perut


Untuk mengatasi gejala yang disebabkan bukan dari penyakit kronis, misalnya karena perubahan suhu udara, alergi makanan, konsumsi zat asam, dan keracunan makanan, dapat menggunakan resep berikut:
  1. Teh daun cabe jawa (Piper retrofractum Vahl), merupakan jenis rempah yang masih berkerabat dengan lada dan kemukus, termasuk dalam suku Piperaceae. 
    • Sediakan 3 lembar daun cabe jawa, kemudian iris-iris kecil.
    • Seduh irisan kedalam segelas air panas.
    • Minum teh daun cabe jawa yang berfungsi sebagai anti-kolik.
  2. Resep air rebusan Kapulaga, diperoleh dari rempah tanaman Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae.
    • Masukkan 3 butir kapulaga kedalam 3 gelas air.
    • Rebus hingga menjadi segelas air.
    • Minum air rebusan dalam keadaan hangat.

Resep obat tradisional kram perut diatas dapat dipraktekkan di rumah dengan mudah. Digunakan untuk orang dewasa, tidak disarankan untuk diberikan pada bayi. Bahan herba mudah ditemukan, kita dapat memilih asalah satunya. Apabila kram perut tidak berkurang, segera periksa kesehatan. Penyebab lain berupa penyakit kronis bisa saja membuat gejala yang sama tanpa disadar.

Referensi

  • Colic Differential Diagnoses. By Medscape, 3 September 2015.
  • Piper Retrofractum Vahl, image courtesy of Wikimedia Commons.

Tidak ada komentar: